Instalasi Komputer Dan Jaringan Job sheet 1... (Tutorial Merakit CPU)

A. Tujuan

1. Dengan mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal peralatan pada sebuah CPU.

2. Dengan Mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa dapat merakit komponen-komponen utama komputer pada mainboard

B Alat Dan Bahan

1.CPU trainer

2. Monitor

3. Keyboard

4. Mouse

C. Materi Teoritis

1. DEFINISI KOMPUTER

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer diambil dari bahasa latin computare yang berarti menghitung (to computc atau to reckon).

Dari definisi oleh ahli yang ada terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau electronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.

Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dri data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan dat yng memberikan bentuk yng lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh sebab itu, pengolahan data elektronik adalah proses mnipulasi dri data kedalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.

2. SISTEM KOMPUTER

Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dri elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu kesatuan untuik melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangakat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yng terlibat didalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

1. STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur dari sebuah komputer secra sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar berikut ini..

Sednagkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur diatas adalah sebagi berikut:

1. Input Device (Alat Masukan)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atu perintah kedalam komputer.

2. Output Device (alat Keluaran)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahn data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), atupun berupa suara.

3. I/O Ports

Bagian ini digunakan untuk menerima atupun mengirim data keluar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui ports ini.

4. CPU (Centarl Processing Unit)

CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolahn data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.

5. Memori

Memori terbagi menjadi dua bgian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Acess Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.

D. Langkah Kerja

Sebelum melakukan perakitan komponen-komponen komputer, ada beberapa hal yang harus disiapkan yaitu ketersedian casing sebagai tempat meletakkan komponen-komponen komputer. Komponen tersebut yang terdapat dalm casing meliputi mainboard, power supply, disk drive, harddisk, CDROM. VGA Card, Sound Card, dan lain-lain.

Pemiliahn jenis casing sangat penting, karena sangat menentukan penampilan computer setelah selesei dirkit. Dalam memilih jenis casing ada beberapa hal yng perlu diperhatikan, diantaranya kebutuhan dan tempat menyimpan komputer (meja komputer). Jika senang mengutk-atik atau hobi bongkar pasang mungkin casing berukuran besar yang besar yang anda gunakan.

Dibutuhkan juga peralatan kerja supaya komponen-komponen komputer terpasang dengan benar dan mengurangi resiko kerusakan, terutama pada mainboard karena komponen ini teramat sensitif dikarenakan pada komponen ini semua komponen komputer terpasang. Adapun peralatan pendukung dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum merakit adalah:

1. Persiapkan tools yang dibutuhkan seperti obeng (+) dan (-)
2. Pastikan komputer dalm keadaan mati ( Power Off)
3. Jauhkan segala magnet dari harddisk
4. Jauhkan air dan cairan dari komputer dan komponennnya
5. Sangat disarankan menginstall dengan disertai manual dari motherboard

1.Menginstall Processor (Jenis Socket)

1. Lokasikan socket Zif dan buka dengan menarik tangkai socket keatas.

2. Maksudkan CPU kedalam socket dan menjaga keadaan tangkai socket ketika memasukan CPU

3. Ketika memasukan CPU harus memperhatikan Orientasi yang benar ada petunjuk khusus pada processor dan socket.

4. Dorong kebawah CPU dan kembalikan tangkai socket keposisi semula

5. Letakkan headsing diatas CPU dan pasang pengikatnya dengan benar

6. Rangkaikan kabel fan (Kipas) dengan supply

UNTUK TYPE SOCKET UNTUK TYPE SLOT


Gambar. Cara Memasang Prosesor Pada Socket Dan Pada Slot MainBoard

Perhatikan: Beberapa mainboard masih memakai jumper setting dan Dip setting untuk mengatur kecepatan clock untuk processor (yang akan kita bahas pada bab berikutnya). Sebagian yang linnya secara otomatis mendekati kecepatan processor atau setting secara BIOS (Basic Input output Sistem)

2. Mneginstall Memory

Jumlah slot dari memori tergantung dari slot yang tersedia pada motherboard. Cara pemasangan DIMM:

1.Buka kancing socket

2. Periksa figure cetakan RAM

3. Masukan modul SDRAM ke DIMM slot

4. Kunci/Tekan kembali kancing
Gambar. Memori Dengan Slot DIMM

3. Menginstal AGP Card

1. Cari lokasi AGP slot
2. Pasang AGP ports dengan hati-hati, tekan tegak lurus dengan bidang motherboard.
3. Pemasangan peraltan lainnya pada slot PCI atau ISA seperti VGA Card, sound card, dan lain-lain. Caranya sama dengan pemasangan AGP Card perbedaan hanya jenis slot yang akan dipasang.

Gambar. AGP Pro Slot

4. Menginstall HardDisk

Setelah disk drive terpasang lngkah sealnjutnya adalah memasang harddisk, untuk memasang harddisk ini pada prinsipnya sama seperti memasang disk drive hanya saja kabel yang digunakan besar sesuai dengan jumlah pin yang tersedia (39 pin). Dengan langkah-lngkah sebagi berikut.

1. Cari ports IDE pada motherboard
2. Pasang ujung kabel IDE conector, parhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bagian yang diberi tanda khusus pada IDE connector.



Gambar. HardDisk
3. Pasang ujung lainnya pada Harddisk4.
4. pasang kabel supply Harddisk (Perhatikan bentuk pasangan socket power supply)





Gambar. MotherBoard Gambar. MotherBoard IDE Connector Dan kabel ATA

5. Menginstall Disk Drive

Diskdrive merupakan suatu alat yang digunkn untuk membaca disket atau floppy disk. Dengan diskdrive ini data maupun sistem atau aplikasi dapat dibaca dan dieksekusi melalui media ini.

Prosedur pemasangan diskdrive tidak terlalu sulit dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Cari port FDD pada motherboard
2. Pasang ujung kabel pada FDD connector, perhatikan warna merah pada kabel selalu terpasang pada bgian yang diberi tanda khusus pada FDD connector.


Gambar. CDROOM

3. Pasang ujung lainnya pada DiskDrive
4. Pasang kabel supply Disk Drive (perhatiakn bentuk pasangan socket power supply)


Gambar. MainBoard Floppy Connector Dan kabel Floppy

6. Menginstall Connector Untuk panel Pada Chasing

1. Pasang dengan teliti dan connector untuk panel depan Chasing.
2. Posisi pin/kaki connector tergantung MotherBoard (lihat pada manual MB atau perhatikan data yang tertulis disekitar MotherBoard)


Gambar. Hubungan PIN Panel Pada mainboar

7. Menginstall Power Supply Untuk MotherBoard

Pasangkan kabel power supply yang berwarna warni dari casing ke connector power supply yang tersedia pada MotherBoard, dengan cara menekan connector.


Gambar. Fungsi PIN ATX power Supply Connector

8. Memasang Chasis Panel Connector
Hubungkan port-port yang ada dengan peralatan yang ada seperti KeyBoard, Mouse, Monitor, dll.


Gambar. Hubungan Connector Pada panrl Externeal

Setelah semuanya terpasang dengan benar, maka komputer akan hidup yaitu akan manghasilkan bunyi/suara BIP sebanyak 2 kali yang menyatakan komputer ter-install dengan benar.

E. EVALUASI / PENUGASAN

1. Catatlah spesifikasi komponen yang terdapat pada PC trainer anda.

Spesifikasinya Adalah :

Processor
Berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada computer. Satuan kecepatan pada Processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (Giga Hertz) 1GHz = 1000 MHz. Dimana semakin besar nilainya semakin cepat eksekusi pada computer.Pentium IV, 2,26 GHZ..Chace memori 512 Kcepatan 533

Sedangkan Jenis2 Prosesor Dapat kita lihat dibawah ini
1. Processor Cyrix

2. Processor AMD(Advanced Micro Devices)

3. Processor Intel (Pentium MMX , Pentium Pro dan Pentium-II)
4. Processor Intel ( Pentium Celeron dan Pentium-II Xeon)

5.Processor AMD (AMD Athlon)



Mainboard / Mother Board
Papan induk dimana semua device dipasang mulai dari processor , memory , harddisk , slot-slot untuk ekspansi
Berikut gambar:
Type Jenis MotherBoardnya adalah MSI
Seri MS 6787 Ver 2



VGA Card

Memori DDR 1 256
HardDisk 80 GIGA Seagate


Power Supply 400 W

Flopy Drive ASUS

CDROOM 52 X
Sekian Dan Terima Kasih..Sampai Jumpa Lain Waktu..

Comments :

0 komentar to “Instalasi Komputer Dan Jaringan Job sheet 1... (Tutorial Merakit CPU)”
 

User