Sistem File FAT

Definisi FAT

FAT = File Allocation Table.

Apabila kita menyimpan suatu file, komputer akan menggunakan satu sistem file untuk menyimpan file/folder tsb ke hard disk. Pada versi awal MS-DOS dan Win 3.11, Windows menggunakan sistem file FAT16.

Semenjak ada Win95 OSR 2 dan Win98 kita dapat menggunakan FAT32 apabila ukuran hard disk lebih dari 2GB s/d 2TB. FAT16hanya boleh digunakan apabila ukuran hard disk kurang dari 2GB.

Sejarah FAT

Digunakan awal 80-an dan dikenal sebagai file DOS. Pada awalnya hanya untuk beroperasi pada komputer berkapasitas rendah.

FAT mengalami bermacam evolusi, dimana versi awalnya hanya menyokong komputer berkapasitas tidak lebih dari 32MB untuk setiap bagian/partisi, kemudian terus berkembang hingga 528MB dan terus meningkat sampai 2.1GB.

Windows Xp mempunyai 3 filesystem

1. FAT 16 = File Allocation Table 16
2. FAT 32 = File Allocation Table 32
3. NTFS = NT File System

Aplikasi FAT16

FAT16 dapat diaplikasikan pada :
1. versi DOS
2. Windows 3.11
3. Windows 95

Kekurangan FAT16

1. Kurangnya ruang penyimpanan. Tidak ada tambahan program atau file terutama bagi yang menggunakan sistem dengan Windows95 dan mempunyai hard disk melebihi 512MB.

2. Tidak efektif. Ukuran cluster yang besar menyebabkan terjadinya pemborosan.

3. Tidak efisien dalam susunan file dan meminta user sering melakukan Defrag agar mendapatkan cluster sebelumnya yang tidak terpakai sepenuhnya.

4. Ukuran maksimum disk yang dapat disokong FAT16 dalam satu hard disk adalah 2GB.

Cara Penyimpanan Data

1. Apabila suatu file disimpan atau suatu program diinstall komputer akan menyimpan semua data mengenai aktivitas tersebut di satu kawasan kecil dalam Harddisk yang dinamakan cluster.

2. Semakin kecil ukuran cluster, semakin baik data itu disimpan dan diurus. Ukuran cluster ditentukan oleh partisi dan partisi ditentukan oleh sistem file yang ditetapkan semasa Harddisk diformat.

Sector

1. Semua disk dibagi dalam sector-sector, dan setiap sector berukuran 512 bytes. Ukuran ini merupakan ukuran standar unit disk terkecil.

2. Sector dibentuk ketika disk diatur dalam track-track yang konsentris. Setiap track dibagi menjadi sector-sector. Masingmasing sector dapat menampung 512 bytes data.

3. Bagaimana sector-sector ini terdistribusi? Bagaimana penempatanndata dalam sector? Bagaimana menangani file yang ukurannya lebih dari 512 bytes dan menempati lebih dari 1 sector? Semua ini merupakan tugas-tugas yang ditangani oleh file system.

Cluster

1. Cluster adalah sekumpulan sector yang saling berhubungan.
2. Ukuran cluster pada FAT16 adalah 2, 4, 8, 16, 32, atau 64 sector.
3. Ukuran partisi maksimum FAT16 hanya 2 GB. 16
4. FAT32 memungkinkan untuk mendapatkan partisi hard disk yang besar (lebih dari 2 GB), dengan ukuran cluster yang kecil.
5. Ukuran cluster yang kecil ini dapat menghemat penggunaan disk space untuk menyimpan data.

Perbandingan ukuran cluster FAT

Ukuran Partisi

(Hdisk)

Ukuran Cluster

FAT 16

Ukuran Cluster

FAT 32

32 MB

2 KB

-

128 MB

2 KB

-

256 MB

4 KB

-

512 MB

8 KB

4 KB

1 GB

16 KB

4 KB

2 GB

32 KB

4 KB

3 GB – 7 GB

-

4 KB

8 GB – 16 GB

-

8 KB

16 GB – 32 GB

-

16 KB

Melebihi 32 GB

-

32 KB



Boot record

1. Sector pertama dari disk atau partisi selalu digunakan untuk boot record.
2. Boot record ini mengandung informasi mengenai disk atau partisi disk tersebut.
3. Informasi yang ada pada boot record memungkinkan file system untuk mengatur disk.
4. Boot record juga mengandung suatu program sederhana, yang digunakan pada saat system start-up.
5. Boot record terdapat pada semua disk dan partisi disk, baik yang menggunakan FAT maupun yang menggunakan file system lain. Sector ini mengandung informasi penting dari disk.

Aplikasi FAT32

FAT32 dapat diaplikasikan pada:
Ø Microsoft Windows 95 OEM Service Release, versions 2, 2.1, 2.5
Ø Microsoft Windows Edisi Millennium
Ø Microsoft Windows 98 Edisi 1 & 2
Ø Microsoft Windows 2000
Ø Microsoft Windows XP

Keunggulan FAT32

1. Menggunakan 32 bits untuk merepresentasikan cluster

2. FAT32 menyediakan ukuran drive lebih besar. Ukuran yang disediakan sampai dengan 2 terabytes, bandingkan dengan FAT 16 yang hanya 2GB.

3. Microsoft Windows 2000 hanya menyediakan ukuran partisi

4. FAT32 sampai dengan 32 GB.
FAT32 menggunakan tempat lebih efisien. FAT32 menggunakan ukuran cluster yang lebih kecil ( 4KB cluster untuk ukuran drive 8 GB), lebih efisien 10 s/d 15 persen dibandingkan FAT atau FAT16. Ukuran minimum untuk partisi FAT32 sekitar 260 MB.

5. FAT32 lebih kuat.
FAT32 dapat menampung folder utama dan dapat menggunakan backup copy dari tabel alokasi file daripada default copy. Oleh karena itu FAT32 lebih tidak rentan dari kegagalan dibandingkan FAT16.

6. FAT32 lebih fleksibel.
Folder utama pada FAT32 adalah rantai grup biasa, jadi dapat ditempatkan di mana pun pada drive dan tidak ada lagi batasan jumlah masukan untuk folder. Ukuran partisi FAT32 dapat diubah-ubah, tapi tidak dapat diimplementasikan pada initial release.

7. Dapat mencari direktori asas (root directory) dan menggunakannya sebagai salinan backup FAT dan ini akan mengelakan komputer dari bertemunya/ tabrakan antar program
(crash).

8. Apabila suatu file disimpan atau suatu program diinstall komputer akan menyimpan semua data mengenai aktivitas tersebut di satu kawasan kecil dalam Harddisk yang dinamakan cluster.

9. Semakin kecil ukuran cluster, semakin baik data itu disimpan dan diurus. Ukuran cluster ditentukan oleh partisi dan partisi ditentukan oleh sistem file yang ditetapkan semasa Harddisk diformat.

Keterbatasan FAT32

1. Microsoft akan mendukung fungsional dari file system FAT32 dalam membaca error-error secara bebas dan menyimpan file-file baik dalam bentuk nyata (real mode) maupun bentuk terlindungi (protect mode). Microsoft mendukung fasilitas real dan protected mode termasuk pada Windows 95.

2. Untuk program-program legacy yang tidak akan diinstall pada FAT32 atau tidak akan menyimpan file-file atau membaca mereka, kita harus menghubungi pabrik dari software tersebut.

3. Walaupun file system FAT32 mendukung ukuran hard disk sampai 2 terabytes (TB), beberapa hard disk kemungkinan tidak dapat mengisi partisi yang dapat dinyalakan lebih besar dari 7,8 gigabytes (GB) karena keterbatasan dari sistem I/O dasar (BIOS) INT13
interface.

Perbedaan Mendasar Antara FAT vs NTFS

Pada sistem FAT ini digunakan oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows; untuk versi FAT yang didukung olehnya lihat pada bagian versi), GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung termasuk Macintosh OS/X.

* FAT16

FAT16 dikenalkan oleh MS-DOS tahun 1981 (udah lama banget). Awalnya, Sistim ini didesign untuk mengatur file di floopy drive dan mengalami beberapa kali perubahan sehingga digunakan untuk mengatur file di harddisk. Keuntungan FAT16 adalah file system ini kompatibel hampir di semua Operating System baik itu WIndows 95/98/me, OS/2 , Linux dan bahkan Unix. Namun dibalik itu masalah paling besar dari FAT16 adalah mempunyai kapasitas tetap jumlah cluster dalam partisi , jadi semakin besar harddisk maka ukuran cluster akan semakin besar, artinya file sekecil apapun tetap akan memakan 32Kb dari harddisk. Hal jelek lain adalah FAT16 tidak mendukung kompresi , enkripsi dan kontrol akses dalam partisi.

*FAT32

FAT32 mulai di kenal pada sistim Windows 95 SP2, dan merupakan pengembangan lebih dari FAT16. FAT32 menawarkan kemampuan menampung jumlat cluster yang lebih besar dalam partisi. Selain itu juga mengembangkan kemampuan harddisk menjadi lebih baik dibanding FAT16. Namun FAT32 memiliki kelemahan yang tidak di miliki FAT16 yaitu terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32. Tidak seperti FAT16 yang bisa di kenal oleh hampir semua Operating System, namun itu bukan masalah apabila anda menjalankan FAT32 di Windows Xp karena Windows Xp tidak peduli file sistim apa yang di gunakan pada partisi.

* NTFS

NTFS di kenalkan pertama pada Windows NT dan merupakan file system yang benar benar berbeda di banding teknologi FAT. NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik , kompresi file , cluster dan bahkan support enkripsi data. NTFS merupakan file system standar untuk Windows Xp dan apabila anda melakukan upgrade Windows biasa anda akan di tanyakan apakah ingin mengupgrade ke NTFS atau tetap menggunakan FAT. Namun jika anda sudah melakukan upgrade pada Windows Xp dan tidak melakukan perubahan NTFS itu bukan masalah karena anda bisa mengkonversinya ke NTFS kapanpun. Namun ingat bahwa apabila anda sudah menggunakan NTFS akan muncul masalah jika ingin downgrade ke FAT tanpa kehilangan data.

Pada Umumnya NTFS tidak kompatibel dengan Operating System lain yang terinstall di komputer yang sama (Double OS) bahkan juga tidak terdetek apabila anda melakukan StartUp Boot menggunakan floopy. Untuk itu sangat disarankan kepada anda untuk menyediakan partisi yang kecil saja yang menggunakan file system FAT di awal partisi. Partisi ini dapat anda gunakan untuk menyimpan Recovery Tool apabila mendapat masalah. Namun dengan teknologi Windows Xp sekarang yang mempunyai Recovery Tool sendiri , Saya rasa itu tidak begitu penting karena kemampuan Recovery Tool dari Windows Xp sudah cukup baik.

Table perbandingan FAT32 VS NTFS

Kriteria

FAT 32

NTFS

Ukuran Maksimum Partisi

2 TB

2 TB

Jumlah Maksimum Cluster

268.435.456

Hampit Tidak Terbatas

Jumlah File maksimum

Hampir Tak Terbatas

Hampit Tidak Terbatas

Ukuran File Maksimum

Hanya Dibatasi Ukuran Partisi

4 GB

Nama File

Maksimum 255 karakter

Maksimum 255 karakter

Security

Tidak Memiliki Fasilitas File Security

Memiliki File Permission

Lokasi Boot Sector

Sector Pertama

Sector Pertama dan Terakhir

Daya Tahan Dan Pemulihan Data

Rendah

Daya Tahan Tinggi, karena menggunakan standart transsaction logging

Efisiensi Penggunaan Disk Space

Cukup Baik

Sangat Baik

Kinerja

Baik Untuk Ukuran Partisi Kecil

Baik Untuk Ukuran Partisi Besar


Comments :

0 komentar to “Sistem File FAT ”
 

User